Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur-unsur, Manfaat dan contohnya
Pengertian
Komunikasi
Komunikasi
Bisnis – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong
perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibatnya, saat ini
kompetisi semakin kuat karena keterbatasan sumberdaya, sedangkan kebutuhan manusia
semakin banyak meningkat.
Karena itu sangat
diperlukan strategi yang tepat untuk menciptakan hubungan dengan orang lain,
klien, dan organisasi baik itu privat maupun publik.
Untuk mengatasi
hal seperti itu kita perlu memberikan bekal terhadap orang yang bersangkutan
guna memahami, mengerti, sekaligus mampu menerapkan perilaku-perilaku
komunikasi di dalam bisnis.
· Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli
Sebagai makhluk
sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Hampir seluruh kegiatan manusia itu memerlukan komunikasi, walaupun
komunikasinya berbeda-beda antara satu dan lainnya.
Karena itu para
ahli banyak mengeluarkan pendapatnya, walau demikian intinya masih tetap sama.
Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli.
Djoko
Purwanto
Komunikasi bisnis
merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai
macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu
tujuan tertentu.
William
Albig
Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat,
intruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal maupun
impersional melaluli simbol-simbol atau sinyal.
William
C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty
Proses pertukaran
informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan
simbol-simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.
Cutris
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang terdapat dalam
organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat
keputusan. Menurut posisi yang lebih tinggi dalam bisnis, ia semakin bergantung
terhadap keahlian orang lain untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah.
Katz
Menurut Katz
komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang
bertkaitan dengan pencapaian srangkaian tujuan komersil.
Philip
Kolter
Menurut Philip
komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan
kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.
Persing
Komunikasi bisnis
adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi
keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan
penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang
dilakukan di dalam suati organisasi untuk membayar orang guna memproduksi jasa
dan barang dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.
Rosenbalt
Komunikasi bisnis
adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide-ide/opini, intruksi dsb, yang
dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui simbol dan tanda
guna mencapai tujuan perusahaan.
Hunghess
dan Kapoor
Komunikasi bisnis
adalah suatu kegiatan atau usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan,
menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan memahami
kebutuhan masyarakat. Secara umum kegiatan ini ada di dalam industri dan
masyarakat.
· Tujuan Komunikasi Bisnis
Ada 3 tujuan
utama dalam komunikasi bisnis yaitu: Memberi informasi, persuasi, dan melakukan
kolaborasi dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.
Memberi Informasi (Informing)
Memberikan
informasi seputar dunia bisnis terhadap pihak lain. Contoh, jika seorang
pimpinan perusahaan ingin memperoleh pegawai yang diharapkan, maka ia akan
memasang iklan melalui media.
Dalam hal ini
terdapat kelebihan dan kekurangan pada setiap media, oleh karena itu harus
pintar-pintar memilih mana media yang paling tepat.
Memberi Persuasi (Persuading)
Persuasi
diberikan kepada pihak lain agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan
benar. Hal seperti ini sering dilakukan terutama pada hubungan akan penegasan
konfirmasi pesanan pelanggan, dengan tujuan supaya kedua belah pihak
mendapatkan tidak ada yang dirugikan dan mendapatkan manfaatnya.
Melakukan Kolaborasi (Collaborating)
Bekerja sama
dengan pihak lain atau yang biasa disebut dengan kolaborasi ini memudahkan
seseorang dalam melakukan kerja sama bisnis.
Seiring dengan
pesatnya kemajuan teknologi komunikasi, seseorang bisa menggunakan berbagai
macam media telekomunikasi seperti telepon seluler dan media sosial dll.
Teknologi komunikasi sangatlah penting untuk mempererat dalam kerja sama
bisnis.
· Unsur-unsur Komunikasi
Terdapat 6 unsur pokok dalam komunikasi yaitu:
- Mempunyai tujuan.
- Pertukaran, dalam hal ini melibatkan setidaknya 2 orang komunikator dan komunikan.
- Informasi, gagasan, opini, dan intruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya sangat beragam, tergantung situasi, kondisi, dan tujuan.
- Memakai saluran personal maupun impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, memakai media tertentu atau media yang mampu menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat metode yang bisa dimengerti dan dipahami oleh penerima.
- Pencapaian tujuan organisasi, salah satu karakteristik / ciri khas yang membedakan organisasi atau lembaga formal
· Fungsi Komunikasi
Komunikasi bisnis
ini mempunyai beberapa fungsi antara lain: Informative, regulatory, persuasive,
dan integrative. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan berikut.
Informative
Fungsi
informative ini sangat diperlukan oleh manajer maupun karyawan guna
menyelesaikan tugas-tugasnya secara efisien. Informasi yang dibutuhkan
mengenai:
- Sesuatu yang ada kaitannya dengan pekerjaan seperti: Tujuan perusahaan, prosedur, aturan-aturan yang berlaku dll.
- Keberhasilan yang dicapai oleh perusahaan seperti: Standar kerja dan laba.
- Sosio emotional perusahaan secara keseluruhan.
Regulatory
Komunikasi dalam
berbisnis juga berfungsi sebagai pengendali dan pengatur perusahaan. Komunikasi
tersebut berupa perintah dan laporan.
Persuasive
Fungsi ini
tercermin dalam interaksi antar karyawan, di mana seorang karyawan berupaya
agar orang yang diajak berkomunikasi menerima ide dan jalan pikirannya.
Integrative
Integratif
berfungsi menjadikan organisasi atau perusahaan dapat beroperasi secara utuh
dan terpadu, termasuk di dalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas,
penetapan saluran informasi dan otoritas, serta menarik dan melatih para
karyawan.
· Bentuk-bentuk Dasar Komunikasi
Dalam dunia
bisnis terdapat 2 istilah komunikasi yang biasa digunakan yaitu komunikasi
verbal dan nonverbal, berikut penjelasannya.
Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal
merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain
melalui tulisan dan tulisan. Seperti contoh ketika kita membaca surat kabar
atau majalah, presentasi dan sebagainya.
Komunikasi verbal
ini terdapat 2 tipe yang berbeda berdasarkan aktif atau pasifnya peserta
komunikasi dalam proses komunikasi. Dimana komunikasi verbal bisa bertindak
sebagai komunikator atau pengirim pesan bisa juga bertindak sebagai audience.
Berkomunikasi
secara verbal dibutuhkan juga persiapan apa yang ingin diungkapkan menyusun
dalam suatu pola yang berarti, baik dalam bentuk tulisan atau lisan
seperti:
Berbicara dan Menulis
Suatu pesan
penting dan kompleks, akan lebih baik apabila disampaikan dengan menggunakan
tulisan, seperti surat, memo, dan laporan.
Mendengarkan dan Menulis
Guna mendapatkan
komunikasi yang efektif, maka diperlukan komunikasi 2 arah di mana orang-orang
yang terlibat di dalamnya memerlukan keterampilan mendengarakan dan membaca.
Komunikasi Non-Verbal
Dalam komunikasi
bisnis, komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar.
Walaupun komunikasi nonverbal mempunyai sifat yang kurang terstruktur sehingga
sulit untuk dipelajari.
Seperti memahami
ekspresi wajah, simbol-simbol, gerakan tubuh, sandi, warna, dan intonasi. Dalam
penyampaian komunikasi ini biasanya dilakukan secara spontan tanpa ada rencana
dan terkadang dalam melakukannya tidak sadar.
Beberapa tujuan
komunikasi nonverbal ialah:
- Mengekspresikan emosi.
- Mengatur alur suatu percakapan.
- Menyediakan dan memberikan informasi.
- Mengendalikan atau memengaruhi orang lain.
- Memberi sifat dan melengkapi , menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal.
- Mempermudah tugas-tugas khusus.
Terkadang dalam
prakteknya terdapat penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal. Karena
terkadang kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi hanya membawa
sebagian dari pesan saja.
sumber :
https://alihamdan.id/komunikasi-bisnis/
https://alihamdan.id/komunikasi-bisnis/
Komentar
Posting Komentar